Rabu, 04 Februari 2015

Ngos-ngosan ceria di Gunung Andong 1726 MAMSL (Part 1)

Hari Sabtu pukul 13.00, kalo menurut Mas Sandy Sang Koordinator sih jam 15.00 kita harus dah kumpul di basecamp tapi apa daya gw malah bubuk cantik gegara baca buku sambil gegoleran. Oiya kemaren gw ke Gramed dan ngeborong buku karena lagi ada sale. Bayangin aja, lima buku yang gw beli ini total hanya 70 rebu sist. Siapa yang gak kalap cobak? Bahkan tadinya gw masih mau beli sekitar 3 sampai 5 buku lagi, tapi berhubung gw melakukan tindak kejahatan alias ke Gramed di saat jam kerja *plisjanganbilangbosgw maka gw pun insyaf dengan 5 buku sajah yang kayaknya cukup buat bahan bacaan sebulan. Ntar gw review-review dimari yak bukunya…

Bahan bacaan sebulan

Okey, back to the story. Jam setengah tiga Mas Sandy dah jemput dan sekali lagi gw ngerepotin dia karena dia ga bawa helm dan gw jg ga punya helm, lah naik motor aja ga bisa gimana bisa punya helm. Akhirnya setelah Mas Sandy ngerampok minjem entah darimana, dia kembali ke kosan dengan satu helm buat gw, yeaayy!!! Tengs bgt yak Mas Sandy, dah jemput, dah nyariin helm…kamu the best deh mas. Dari kosan kita berangkat menuju basecamp Teman Ngetrip, disana udah ada beberapa orang yang siap berangkat. Ternyata yang ikutan banyak juga, ada 22 orang kemudian gw pun kenalan ama semua peserta satu-satu dan yes dari 22 orang teman baru itu gw cuman inget dua nama yaitu Wikan yang orangnya rame banget dan Annisa yang senyumnya manis banget dan Mbak Annisa ini mau gw sembah setelah gw tau kalo dia bawa carrier 35L dengan membawa peralatan lengkap pleus air mineral kemasan 600 ml lima bijik pleus bekal nasi, sedangkan carrier 40L gw ini cuman berisi cemilan-cemilan dan barang-barang ga penting yang itupun gw dah setengah mati ngepack-nya, fix gw berasa cupu bgt dalam hal per-packingan. Aku berguru padamu ya Mbak Annisa. Karena keterbatasan memori yang gw miliki, jadinya semua peserta gw pukul rata dengan panggilan Mas dan Mbak. Sebenernya ada dua orang lagi yang namanya akan selalu gw kenang, bahkan gw dah bilang kalo seandainya gw jadi Gubernur Jawa Tengah, nama mereka akan gw jadiin nama jalan protocol…minimal nama stasiun angkot deh. Hehehe…

Setelah menunggu selama satu jam, kita pun berangkat semua naik motor, dan aku dibonceng Mas Sandy lagi. Di jalan kita ngobrol macem-macem, dan ngobrol sambil motoran itu berpotensi menimbulkan kesalahpahaman. Dari semua obrolan kita kayaknya cmn 60 % yang gw tangkep, sisanya kebawa angin apalagi Mas Sandy bawa motornya ga nyantei banget mungkin karena hari dah makin gelap juga, tapi kan akuhhh takut kakaaag *sokmanja…tapi gw berusaha tegar dong daripada diturunin di tengah jalan, mhihihi

Basecamp Gn. Andong

Setelah menempuh perjalanan sekitar 2 jam, kita sampe di Basecamp Gunung Andong. Sebenernya kita agak lama di jalan karena berhenti-berhenti dulu n tunggu-tungguan. Salut deh buat Mas Sandy, yang udah ngatur umat manusia segitu banyaknya, kalo gw sih ogah hahaha. Sesampainya di Basecamp, kita pada solat dulu, ke toilet dulu, jajan-jajan dulu…karena di basecamp ini ada warung dan ada bapak penjual baksonya juga. Waktu bapak penjual baksonya gw photo, dia minta diulang biar dicopot dulu buffnya. Lah…pake buff n ga pake buff ga bikin kamu keliatan kayak Aliando pak -____-

Ketika masih menggunakan buff

Setelah buff dilepas

Selama di basecamp, gw udah mulai ngerasa ada yang gak beres ama rombongan ini. Dimulai dari perang kentut kemudian terdengar suara-suara gaib seperti suara siluman kambing gitu. Yakkk…ini rombongan isinya orang gila semua. Gw berasa pergi ama rombongan srimulat. Ngakak-ngakak ga keruan sepanjang jalan, walaupun 70% dari becandaan mereka pake bahasa Jawa yang gak gw mengerti tapi gw ikut ngakak juga. Mungkin walaupun aku tidak mengerti bahasa mereka, tapi hati kami saling berbicara *cieeee

Pukul 20.00 kita memulai pendakian, diawali dengan jalanan menurun yang menurut gw sih itu turunan php karena setelahnya yang ada hanya tanjakan tanpa ampun. Napas gw dah ngos-ngosan, engap bgt…padahal baru nanjak 10 menitan. Dan sebelum berangkat kan gw janji ala-ala chibi-chibi gitu sama Mbak Wikan, “Mbak…nanti kalo aku ga kuat di jalan semangatin yaaak” dan gw menjawab, “Iya lah mbak, aku juga lelet koq jalannya” namun pada kenyataannya di tengah jalan gw ninggalin Mbak Wikan yang ternyata sampe jackpot berkali-kali, maapkan temanmu yang lupa akan janji chibi-chibinya ya Mbak Wikan, xixixi.

Sebelum naik, lapor dulu

Jalur menuju puncak Andong

Di jalan gw gabung ama serombongan anak muda, yang salah satunya dipanggil mbah sama pacarnya karena ternyata emang ni anak ngedalang mulu dan mengeluarkan suara-suara hewan. Gokil ni anak, beli napas dimana ya koq bisa jalan sambil ngoceh non stop gtu. Gw jadinya ngakak-ngakak juga ngedengerin ocehan dia walopun ga ngerti apa *lah dan jalan nanjak sambil ngakak itu kan energinya abis banyak. Kayaknya gw kena kutukan karena telah melanggar ikrar chibi-chibi untuk saling nungguin satu sama lain dengan Mbak Wikan, di tengah perjalanan gw lemes dong. Rombongan yang tadinya bareng-bareng gw udah jauh ninggalin gw, dan gw ketemu lagi ama Mbak Wikan, hehehe…makanya jangan sekali-kali kamu ingkar janji ketika mendaki *catettt

Di tengah jalan, datanglah seorang mas-mas yang nawarin mau dibawain gak carriernya. Tadinya gw sok cool kan, “gapapa mas…bisa sendiri” kemudian dengan muka memelas gw bilang “ya kalo masnya maksa yaudah tukeran aja tasnya” padahal gw ngarep banget ditolongin. Mas ini adalah salah satu mas yang namanya akan gw abadikan karena udah nolongin buat bawain carrier, lebih tepatnya tukeran karena dia bawa dua tas yaitu satu carrier gedong banget sekitar 60L kayaknya, dan satu ransel digendong di depan. Etdah mas, kamu setrong bingit. Mas yang ternyata dipanggil Son ini pas kenalan kan mukanya jutek banget yak, ternyata hatinya lembut kayak pantat bayi dan orangnya ISENG banget. Masak ya sepanjang jalan dia sapain semua yang nanjak, bahkan mbak-mbak yang jalan ama pacarnya ga luput sebagai korban mulut jahanamnya. Gw ngebayangin kalo ada yang kesel gitu ama dia kan bisa aja dia dijorokin ke jurang, sumpah ya Mas Son tu recet banget di jalan tapi seru deh bikin gw ga kesepian *malahcurhat.

Ternyata Mbak Wikan dan Mbak Annisa juga udah melenggang manja tanpa carrier karena udah dibawain sama mas-mas setrong yang lainnya. Selama perjalanan, Mbak Wikan lebih sering ngos-ngosan kayak gw, sedangkan Mbak Annisa lebih sering meratap “lapaaarrr”. Plis mbak, jangan makan aku. Selain Mas Son yang mulutnya ga bisa diem, satu lagi bonus dari penanjakan ini adalah pemandangan kota Magelang dan sekitarnya yang cantik banget dengan lampunya yang kerlap-kerlip. Mata gw sampe berkaca-kaca. Indah banget.

Baju gw dah banjir keringet, padahal kan malem itu dingin banget. Gw yg tadinya pake jaket cuman bertahan 15 menitan aja tuh jaket. Gerah bro. Dan akhirnya kita sampai di puncak, yippieee!!! Jadinya Mas Son bawain carrier aku bentar aja, kenapa ga dari bawah sih Mas nawarinnya *gataudiri *dilemparkeril. Puncak Andong malem itu rame banget, saking ramenya kita ampe kebingungan mau diriin tenda dimana. Kemudian para rombongan pun mulai pada diriin tenda, gw yang ga bisa diriin cuman bisa motoin kesibukan mereka sedangkan Mbak Annisa meratap lagi “laapaaaarrr” *teteuuuppp.

Cewek-cewek keren yang punya perlengkapan komplit

Sibuk bangun tenda

Setelah tenda didirikan, kita masuk ke dalem, bersih-bersih, yang lain pada update status, chat, dan Mbak Annisa akhirnya makan *horeee. Karena gw, ya gitu deh gatau siapa yg mau dichat dan ga laper juga, langsung masuk aja ke sb dan menikmati hotel seribu bintang.

(bersambung ke Ngos-Ngosan Ceria di Gunung Andong 1726 MAMSL)