Senin, 16 Februari 2015

Ngos-Ngosan Ceria Edisi Valentine : Menanam Cinta di Gunung Ungaran 2050 MDPL (Part 1)

Week-end semakin dekat, bertepatan dengan Hari Valentine, terus gw sebagai jomblo harus nangis di bawah guyuran shower sambil mukul-mukul dinding kamar mandi gitu? *drama abis*. Namun Tuhan memang Maha Mengetahui umatnya yang jomblo ngenes, sambil gw nyoret-nyoret tanggal 14 jadi 13a, gw liat-liat update status BBM dan ada kabar gembira karena pada tanggal 14 Februari 2015 diadakan acara 1001 Pendaki Tanam Pohon di Gunung Unggaran yang diselenggarakan oleh beberapa organisasi juga komunitas pecinta alam dan pemerhati lingkungan di Semarang.
1001 Pendaki Tanam Pohon
 
1001 Pendaki Tanam Pohon
 
Langsung aja gw menghubungi si pemilik update status BBM tersebut dan orangnya tiada lain tiada bukan adalah Mbak Annisa, dan setelah BBMan dengan Mbak Annisa ternyata Mas San dan teman-teman dari Temang Ngetrip juga mau kesana, horeee. Setelah galau karena cuaca di kota Semarang yang tiap hari ujan, sampe jalan depan kosan gw udah kayak Samudra Hindia *lebay* sehingga gw yang udah duduk  jongkok di atas kursi becak tetep kerendem, akhirnya kita memutuskan untuk pergi di hari Sabtu tapi selain janjian buat ke gunung Ungaran hari Sabtu, gw juga punya janji untuk berkencan dengan Mbak Wikan yang trauma gara-gara ke Andong kemarin. Jadinya Sabtu siang gw janjian dulu di Mall Paragon sama Mbak Wikan untuk nonton dan malemnya aku janjian sama Teman Ngetrip untuk ke gunung Ungaran.
Hari itu gw sama Mbak Wikan nonton film Jupiter Ascending hanya demi menonton si bohay Channing Tatum gw mengabaikan rating IMDB, hahaha.
Jupiter Ascending
Dan rating IMDB selalu terpercaya, selama nonton film, yang gw ada cuman garuk-garuk kepala sambil nguap-nguap. Mana Channing Tatumnya jadi aneh lagi, yah namanya juga film sci-fi fantasy. Walaupun gw anak penuh imajinasi sejauh ini film sci-fi yang ngena banget cuman Inception, selebihnya bikin gw cengo. Mungkin sesuai dengan kelakuan gw yang dramak abis gw cocoknya nonton film drama juga.
Selesai menonton, gw bukannya pulang dan lanjut packing tapi malah hunting diskonan di Sport Station yang lagi ngadain sale dalam rangka valentine dengan promo buy 1 get 1 all item, semua itu berkat racun yang ditebarkan oleh Mbak Wikan. Aaakk…kamu tau banget kalo aku lemah dalam menghadapi diskonan, Mbakwi. Setelah khilaf membeli beberapa barang, gwpun insyaf karena saldo rekening di ATM juga udah mulai jejeritan, hehe…
 
Pemburu diskonan
Pukul 22.00 gw, Mas San, Mbaknis, Mas Son Si Mulut Jahanam, Mas Wisnu Si Mbek,  dan Mas Adam berangkat, dari basecamp Teman Ngetrip,  Mas Adam disini bukan Adam Suseno yang lagi digosipin selingkuh itu *kokgwtau?!! Atau Mas Adam Levine yang hoby pamer body, Mas Adam disini adalah salah satu geng Teman Ngetrip yang jago ngetrail pake motor bebek karena jalan menuju Gunung Ungaran melalui jalur promasan itu adalah jalanan penuh batu-batu dengan tanjakan dan turunan curam. Sebelumnya Mas San udah nakut-nakutin gw di BBM, tapi sayang kali ini dia kurang beruntung muhahaha.
 
Anda belum beruntung
Jadi, untuk mencapai puncak Gunung Ungaran kita bisa melalui tiga jalur yaitu melalui basecamp Mawar, basecamp Promasan dan Candi Gedong Songo. Dikarenakan jalur Promasan lebih cepat maka kita mengambil jalur tersebut tapi ya itu tadi, kalo naik motor jadinya ngetrail ala-ala di atas jalanan berbatu melewati perkebunan teh. Motornya Si Mbek aja nyuksruk ke kebun teh yang menyebabkan dia akhirnya diangkut pake pick up bersama bibit-bibit pohon, semoga bibit-bibit itu selamat ya ga dimakan. Sebetulnya kalo niat sih kita bisa jalan kaki sampe basecamp Promasan, tapi karena hari sudah terlalu malam dan kita harus segera sampai rumah Pak Min sebelum kehabisan kamar jadinya kita naik motor aja *alesan.
 
Pak Min? Siapakah dia? Kenapa gw bubuk di rumahnya? Apakah Pak Min itu nama kepanjangannya adalah Pak Lee Min Ho? *yakali. Jadi Pak Min itu adalah warga Desa Promasan yang rumahnya dijadikan basecamp oleh para pendaki. Rumahnya cukup luas, bisa menampung mungkin 50an lebih pendaki mengingat para pendaki itu compact banget kalo bubuk bisa untel-untelan dan selip-selipan dalam ruang sempit. Jangan bayangin bascemap Pak Min ini seperti hotel mewah bintang lima dengan kasur empuk, fasilitas TV cable, dan kamar mandi dengan bathub bertaburkan kelopak bunga mawar *menurutlo.

Pak Min Luxurious Hotel for Hikers adalah sebuah rumah yang disekat-sekat, dikasih alas karpet, udah. Gak ada bantal, ga ada kasur empuk dan bed cover hangat, apalagi dayang-dayang yang nyuapin kamu anggur sambil ngipas-ngipasin kamu. Terus kenapa gw bilang luxurious? Karena bisa ngecamp tanpa harus bawa tenda dan segambreng peralatan lainnya itu dah syurga banget bagi para pendaki, gausah encok pegel linu bawa carrier, tinggal ngegoler terus merem, selesai.
Pak Min 24/7 Self Service Bar
 
Pak Min Lxurious Lounge for Hikers
 
Pak Min secret recipe, masaknya masih pake tungku
Dikarenakan Pak Min Luxurious Hotel for Hikers itu tingkat okupansinya sangat tinggi disaat peak season apalagi ada event tanam pohon begini hasilnya gw kebagian lapak di deket dapur. Gimana cobak kalo tengah malem gw ngigau terus ngabisin tiga piring nasi.
Sebetulnya selain Pak Min Luxurious Hotel for Hikers, ada juga penginapan lainnya untuk para pendaki yang mau naik ke gunung Ungaran, tapi karena Pak Min ini katanya dah sohib banget sama Mas Iing jadinya kita tidur disana. Mas Iing ini katanya dah dianggap seperti keluarga sendiri  di rumah Pak Min, saking udah deketnya Mas Iing dengan baikhatinya bantuin nyuciin piring dan gelas bekas makan para pendaki. Ini antara baikhati atau minta digratisin sih? Hahaha.  Begitulah pengorbanan seorang Bapak, disaat anak-anaknya gegonjrengan main gitar dan ngemilin makanan, doi nyuci piring dan gelas dong.
 
The Heart-Melted Mas Iing
Gw terharu mengingat cowo yang mau nyuci perabotan itu dah langka dan hampir punah. So, tunggu apalagi. Buat kalian cewe jomblo, Mas Iing is highly recommended. Baik hati, melindungi, mengayomi, tangan pertama, pajak panjang, full variasi, mesin kering, suara halus, bebas cicilan, gratis helm. COD daerah Semarang dan sekitarnya *dibalangpiringsamaMasIing
 
Dikarenakan tujuan awal kemari adalah menanam pohon, gw dan Mbak Anisa dah semangat banget pagi-pagi buat nanjak tapi temen-temen yang lain malah pada mager. Hih...Cowok macam apasih kalian? Pagi-pagi gitu seorang oknum sebut saja inisialnya S-A-N-D-Y  malah nanya, “serius kalian mau naik?”, terus satu lagi oknum sebut saja Si Mulut Jahanam melontarkan pertanyaan yang sama sambil ngulet-ngulet manja. Ya wajar sih mereka begitu coz katanya beberapa diantara mereka bahkan ada yang udah pernah ke Ungaran 8x, etdah sekali lagi beranak tuh. Akhirnya gw dan Mbaknis berhasil menggeret mereka buat ikut menanam pohon di Gunung Ungaran.
(Bersambung ke Part 2)

 

3 komentar:

  1. Lu pikir kita cowok macam apa mbak?
    *sambil gebuk2in tongkat yg siap untuk menanclep2kannya di badanmu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum kamu menanclepkan tongkat itu, aku sudah mempoklek-poklekannya terlebih dahulu

      Hapus
    2. Baiklah aku tidak akan menanclepkan tongkat itu, tp sebagai gantinya pliiss ajarin aku cara makan yg antimainstream

      Hapus