Selasa, 10 Februari 2015

Explore Cirebon Part 1: Cirebon Rasa Ternate

Mbaknid : "Mbak Hanip, saya titip motor boleh?"
Me          : "Boleh banget Mbaknid, semalam 50rebu eaa...Mau kemana emangnya?"
Mbaknid : "Gratis boleh? Pulang kampung ke Cirebon Mbak Hanip, mau ikut?"
Me          : "Maukkk!!!"
*pesan moral: jangan pernah ngajak gw maen kalo cuman buat basa-basi karena pasti gw iya-in *fakirngetrip

Percakapan tadi terjadi sekitar pukul tiga sore hari, dan dalam waktu dan tempo sesingkat-singkatnya gw langsung packing dan beli tiket. Jam setengah sepuluh malam lebih dikit, gw, Mbaknid dan Abang Renof suaminya, sudah berada di dalam kereta Harina menuju Cirebon.
 
Train, my favorite public transportation
Dalam waktu tiga jam saja, kita sudah sampai di Stasiun Kota Cirebon disambut oleh Emak dan Babenya Mbaknid. Fyi, Mamanya Mbaknid ini orangnya asik banget, suka becanda n gaholll. Sesampainya di rumah Mbaknid, gw langsung dijejelin macem-macem oleh-oleh dari Ternate karena kebetulan saat itu keluarga Mbaknid dari Ternate datang.
 
Oleh-oleh dari Ternate
Foto diatas hanyalah sebagian oleh-oleh khas Ternate yang manusiawi karena mostly oleh-oleh khas sana itu keras banget, bahkan ada yang bentuknya kayak bata merah, duhh...sayangnya ga difoto, Selain keras-keras, cemilannya juga banyak yang terbuat dari kenari karena katanya sih di Ternate banyak pohon kenari. Padahal kan kalo disini mahal banget yak.

Selain camilan-camilan tadi, keluarga Mbaknid juga bawa oleh-oleh berupa batu bacan. Iya, batu yang lagi hits banget itu. Gw juga gak ngerti kenapa. Apakah kita kembali ke jaman Flinstone? Tiap pagi, siang malam, semua bahas batu. Dan keluarga Mbaknid bawa batu yang ukurannya segede-gede gaban, bongkahan gitu. Sebiji kecil aja tu batu harganya mahal, terus kalo sebongkah bisa jadi berapa? Dan Mbaknid mulai berkhayal menjadi juragan batu dan kayaraya. Hmm..Mungkin Mbaknid lelah.
Batu Bacan, minat PING Mbaknid
Keesokan harinya kita mulai menjelajah kota Cirebon dimulai dengan nyicipin Empal Gentong. Udah pada tau kan kalo empal gentong ini adalah makanan khas kota Cirebon. Berhubung empal gentong udah terlalu mainstream, Mbaknid merekomendasikan gw untuk nyobain empal asem. Bedanya dengan empal gentong, empal asem ini kuahya bening seger dengan rasa asem yang berasal dari belimbing wuluh yang direbus bersama kuahnya. Rasanya endulitaaa, wajib cobak sodara-sodara.

Empal Asem

Setelah makan, kita melanjutkan perjalanan menuju Museum Linggarjati. Hayooo...masih pada inget gak sama isi Perundingan Linggarjati? Gak inget khan? Samak. Museum Linggarjati ini dulunya adalah sebuah rumah milik Ibu Jasitem yang kemudian berganti-ganti kepemilikan hingga dijadikan sebuah hotel kemudian pada akhirnya menjadi Hotel Merdeka tempat dilaksanakannya Perundingan Linggarjati antara bangsa Indonesia dengan bangsa Belanda. Isi dari Perundingan Linggarjati ada 17 pasal, salah satunya adalah Belanda harus mengakui wilayah Indonesia secara de facto yang meliputi Jawa, Madura dan Sumatera.
Museum Linggarjati
Rombongan TK Matahari
 
 
Logo Baru Kaleng Biskuit Khong Guan
 
Struktur bangunan dan tata letak Museum Linggarjati ini masih dipertahankan seperti dahulu, namun beberapa furniturnya sudah ada yang diperbaiki karena sudah dimakan usia.
Diorama Perundingan Linggarjati
 
Tempat bubuk cantique para delegasi
 
Tempat duduk manis Delegasi Indonesia
 
Tempat nongki-nongki para delegasi
Setelah puas menjelajah Museum Linggarjati, kita kembali ke rumah Mbaknid. Di rumah Mbaknid ini banyak sekali kucing-kucing unyuk. Salah satunya adalah si Alus, favorit gw yang manja banget. Si Alus ini bahkan katanya sempet dibawa pindahan ke Semarang sebelum kemudian akhirnya dikembalikan ke Cirebon.

Si Alus dan Si Cantik *gausahprotes

Selain main-main sama si Alus, kegiatan gw selanjutnya adalah menjarah kebon Mbaknid, muhahaha. Di belakang rumah Mbaknid ini ada pohon rambutan dan belimbing yang membuat hasrat gw untuk memetiknya sangat besar *apasih
Mandor kebon bengis
 
Gaya petik rambutan yang absurd (-"-)
Sambil menikmati hasil kebun Mbaknid, gw bercengkerama dengan keluarga Mbaknid dari Ternate dan belajar sedikit-sedikit bahasa Ternate seperti, Tusa yang artinya Kucing, lalu Bifi yang artinya semut, terus kalo orang Ternate bilang gak ada duit itu Tarada do'i, sedangkan menurut gw Tarada do'i artinya jomblo *gagalpaham *bhay

(Bersambung ke Explore Cirebon Part 2)

Ponakan baru dari Ternate *kritinganmanakritingan











1 komentar:

  1. Luar biasa! Membahana! Pecah! Part 2 pastinya lebih banyak cerita menarik! Pasti suka! *alaalaemak

    BalasHapus