Selasa, 10 Februari 2015

Explore Semarang Part 4: Candi Gedong Songo

Hari kedua sekaligus hari terakhir petualangan gw dan Tiktok sebelum dia balik ke Bandung. Hari ini kita berangkat lebih pagi, kalo sebelumnya kita berangkat jam 09.00 pagi, sekarang kita berangkat jam 08.30. Hehehe. Gapapa lah ya, yang penting lebih pagi. Kita pun memutuskan untuk langsung ke daerah lokasi Candi Gedong Songo. Kembali berpedoman pada google maps, kita pun sampai di lokasi. Harga tiket masuknya 10 ribu rupiah. Dan hari itu pengunjung lagi rame, namanya juga week end. Di bawah banyak bapak-bapak penyewa kuda. Harga sewanya beda-beda tergantung lokasi, kalo gak salah sih termahal itu sampe candi ke-sembilannya seharga ampir 100an ribu. Karena gw dan Tiktok anaknya kere setrong abis, kita memutuskan buat jalan aja.
 
Jalan menuju Candi
 
Jalan menuju Candi Gedong Songo
Kata Bapak penyewa kuda sih jaraknya 4KM nanjak, udah jiper duluan dong kita. Nggak jauh dari gerbang masuk, udah ada satu candi, dan ini adalah Candi pertama. Candi ini paling rame karena paling deket, mungkin makin kesana makin sepi karena orang-orang juga capek nanjaknya. Baru jalan nanjak bentaran aja muka gw dah gak kontrol banget. Tapi kan gw pantang menyerah ya. Jadi lanjut terus.
 
Kompleks Candi Pertama
 
Hayati lelah bang
Setelah jalan agak jauhan dan menghindari horse shit alias pup kuda alias eek kuda yang bertebaran dimana-mana, sumpah eeknya banyak bgt terus Tiktok sempet hampir ngejorokin gw ke jurang buat ngehindarin tuh eek, wooyy…lu mau bunuh temen sendiri ya Tok. Ngehindarin eek sih boleh, tapi jangan ngorbanin temen juga…akhirnya kita sampe di kompleks Candi Kedua dan dari Kompleks Candi Kedua ini ga jauh juga menuju lokasi Candi Ketiga. Dari Candi Ketiga gw liat ke atas dan udah keliatan aja Candi Keempat, Kelima dan Keenamnya. Terus selanjutnya mana? Gw jiper lagi. Terus ngobrol ama Tiktok, “kalo gak kuat gak usah sampe Candi Ke-Sembilan yah?” dan gw jawab, “enak aja, udah jauh-jauh kesini ga nyampe Candi Ke-Sembilan”. Idih…sok setrong bingit yak gw.
Kompleks Candi dari kejauhan
 
Candi Gedong Songo adalah komplek Candi peninggalan budaya Hindu yang terletak di kawasan Bandungan. Sesuai namanya, Candi Gedong Songo ini  berjumlah 9 yang dikelompokkan dalam lima kompleks.

Dari kompleks Candi Ketiga menuju Candi Keempat dan seterusnya itu masih jauh karena kita harus muterin gunung. PHP bangetlah. Tapi di jalan kita dapet bonus karena ada satu kawasan yang mengeluarkan uap gitu, lupa apa ya namanya. Di deket kawasan itu juga ada pemandian air panas. Tempatnya instagrammable banget. Tapi bau belerang banget juga. Berhubung eksis mengalahkan segalanya di dunia, gw dan Tiktok seakan lupa bau belerang dan foto-foto disana.
 
Tiktok in action

Mandi uap dulu sist, biar cucok
 
Setelah foto-foto, ujan mulai turun rintik-rintik. Terus gw ama Tiktok ga bawa payung. Jaket pun enggak karena pas masih di bawah tadi cuaca panas terik. Daripada keujanan kita mampir dulu ke warung dan jajan gorengan pleus mie rebus pake telor. Jadi hujan tadi cuman alesan aja karena kita capek jalan, ngerti banget kamu hujan.

P3K, Pertolongan Pertama Pada Kelaparan

Hanya mie rebus pake telor n cabe yang paling mengerti di saat hujan
Selesai makan, ujannya malah ga jelas gitu, kadang deres, kadang reda. Daripada kita buang-buang waktu nungguin ujan yang ababil kita memutuskan lanjut jalan aja dengan membeli jas hujan ala kadarnya di warung seharga 10ribu rupiah. Kemudian sampailah kita di lokasi Candi Keempat. Semua Candi rasa-rasanya sih ukurannya sama yah. Cuman ada beberapa Candi yang di sekelilingnya terdapat batuan-batuan, mungkin itu adalah reruntuhan candi.
Reruntuhan candi

Kompleks Candi
Gak jauh dari Kompleks Candi Keempat ini ada satu Candi lagi, tadinya kita pikir ini Candi Kelima. Gak Taunya Kompleks Candi Kelima masih jalan lagi ke atas. Dikarenakan hujan makin deres, akhirnya kita neduh dulu di pos dan setelah reda kita lanjut ke Kompleks Candi Kelima.
Berteduh dulu
Yeayy...Candi terakhir
Sesampainya di Kompleks Candi Kelima kita agak bingung karena gak ada jalan lagi. Dan setelah nanya- nanya sama Ibu Penjual Minuman dan Snack di pintu masuk Kompleks Candi Kelima, ternyata memang di situlah lokasi Candi terakhir. Alhamdulillah, ga jadi gempor. Eh tapi kita jadi bingung kan koq Candinya ga Sembilan, mungkin candinya sebagian udah ada yang runtuh.
Dari Kompleks Candi Ke Lima kemudian kita memutuskan untuk turun dan menuju destinasi selanjutnya. Sebelum turun kita sempet main ke hutan. Pas liat ada jalan belok ke hutan, gw ngajakin Tiki masuk terus dia nanya, “ngapain Fa? Hayuk ke hutan”. Lah gimana sih, nanya sendiri, dijawab sendiri.
Hutan Kopi
Selama perjalanan turun, kita kan papasan sama orang-orang yang baru naek dan ngeliat muka mereka engap banget. Terus kita kasih senyuman pongah gitu, hahaha. Saking jumawa nya kita karena berhasil nyampe di Candi terakhir, ada satu koko-koko yang pergi ama temennya yang bule terus nanyain ke kita karena muka kita meyakinkan banget dah sampe candi terakhir, “masih jauh gak?” dan kita dengan pongahnya jawab, “Aaah…deket koq. Kalo kata Bapak penyewa kuda jaraknya 4Km itu supaya kita nyewa kudanya aja”. Dan dia percaya. Satu korban tertipu, hehe. Tapi beneran koq, menurut kita emang ga jauh-jauh amat. Ga selebay yang dibilang Bapak Penyewa Kuda deh. Suwer.

Jadi…kalo pada mau main kesini, jalan kaki aja. Badan sehat, tubuh kuat. Biar kamu ga rapuh kalo disakitin. Sekian.
(Bersambung ke Explore Semarang Part 4)

1 komentar:

  1. Candi gedong songo..... hmmm cuaca disini bisa di bilang aneh pas paginya cerah eh... nyampe candi ketiga tiba2 ujan ya sudah melipir deh ke salah satu yg jualan makanan sambil nyemil gorengan... dan gw coba tawarin cewe yg perkasa ini... fa mau mie (spontan doi bilang mau gak pake mikir busyet dah emang laper nih doi) tapi gedong songo lumayan lah... banyak spot yang oke untuk yang banci foto apa lagi kalo gak ujan ... (nah foto yg di post yg gini dong fa yg gw nya agak oke dikit...)

    BalasHapus