Selasa, 03 Februari 2015

Explore Semarang Part 1 : Mandi Keringet di Brown Canyon


Tiktok    : “Fa…kamu udah pernah keliling Semarang?”

Me         : ”Baru maen ke beberapa tempat sih.”

Tiktok    : “Hoo…kemana aja?”

Me         : “Kesini…kesini…kesono…kesono…*promosisampeberbusa”

Tiktok    : “Kamu udah pernah ke tempat-tempat tadi semua?”

Me         : “Belom.”

Tiktok    : ”Yaudah tar guide-in aku ya.”

Me         : “Lha?"
Kira-kira begitulah awal percakapan antara diriku dan dirinya yang kemudian membawa kita dalam sebuah petualangan singkat *tsahh. Jadi, gw dan Tiki yang biasa gw panggil Tiktok dulu temenan satu kantor pas gw masih kerja di Bandung. Setelah sekian lama terpisah dan tak berkabar, akhirnya kita bertemu lagi setelah gw pindah ke Semarang.
 
Tiktok    : “Fa…buatin itenerarynya ya.”
Me         : “Gausah bikin itinerary lah ya, Semarang mah deket kemana-mana. Ntar sesempetnya aja kita datengin listnya yang udah kita buat satu-satu.”
Tiktok    : “Wokeh…”
 
 Dan jadilah sebuah petualangan spontan *uhuy *masihjamangitu?. Setelah Tiki menyiapkan segala transport dan akomodasinya di Semarang, tibalah hari sabtu dimana Tiki nyampe di Semarang subuh-subuh sementara gw masih ileran. Waktu sudah menunjukkan pukul enam pagi, dan dia langsung menghubungi putri tidur yang kalo dah bubu bisa lupa saudara lupa kerabat, itu bahwa dirinya sudah sampai di Semarang via whatsapp. Jadi otomatis Tiki sampe jam delapan pagi blm dapet balesan whatsappnya *wajahtanpadosa.
 
Setelah ngulet-ngulet dikasur, guling sana-sini, stretching, warming up, salto, kayang dan sebagainya akhirnya gw pun terbangun dan langsung bales whatsappnya Tiktok. Karena Tiktok udah mati gaya di hotelnya, jadilah dia langsung meluncur ke kosan gw dan nungguin gw yang mandi dulu, beberes dulu dan sejumlah ritual lainnya *emangnyamaungedukunpakeritualsegala.
 
Jam 9 pagi, kita pun mulai jalan dari kosan gw. Dan tujuan pertama kita adalah Brown Canyon. Padahal beberapa hari sebelumnya gw udah wanti-wanti sama Tiki, “Tok…kalo mau ke Brown Canyon harus pagi yah coz disana panas bingits” namun pada kenyataannya malah gw sendiri yang molorin acara *nyengirkudanil
 
Dengan berbekal GPS dan kemampuan menerawang gw, kitapun berangkat ke Brown Canyon. Udah tau kesiangan, di jalan kita pake acara beli rambutan dulu. Abis gimana dong, rambutannya merah merona menggoda gitu. Mana pas beli rambutan udah kayak turis belanja aja coz kang rambutannya ngomong pake boso jowo dan kita berdua gak ngerti dia ngomong apa jadi daripada kita berdua cengo kayak anak cacingan, kita deal dan langsung bayar aja tu rambutan tanpa nawar *merasagagalsebagaiwanita *hiks.
 
Rambutan merah merona menggoda
 
Singkat kata, kita nemuin pertigaan yang ada plang TVRInya, dan gw langsung nyuruh Tiktok belokin mobil ke jalan yang ada plang TVRInya itu. Karena gw juga nemuin ini tempat dari hasil browsing dan menurut beberapa petunjuk yang udah gw baca, Bown Canyon itu ada di daerah komplek TVRI gitu. Setelah masuk ke dalem, kita cuman ngikut-ngikut panduan dari mbak GPS sampe tiba disatu jalan, si mbak’e ini malah nyasarin kita pffttt. Karena udah muter sana sini nyasar sana sini, akhirnya Tiktok memutuskan untuk tidak mempercayai si Mbak’e lagi kemudian turun dari mobil buat nanya sama sepasang Bapak-Bapak yang lagi nongkrong. Gw yang nunggu di mobil melihat perdebatan diantara sepasang Bapak itu, apakah mereka berdebat untuk memperebutkan Tiktok sebagai pendamping hidup mereka? Karena gw juga liat wajah Tiktok tersipu malu. Ternyata Tiktok bukannya tersipu malu gaes, tapi kesel karena lagi-lagi tu sepasang Bapak-Bapak ngomong pake bahasa jawa dan dia ga ngerti jadi kita kembali meminta petunjuk sama si Mbak’e GPS. Dan kali ini dia kayaknya bener coz sepanjang jalan kita nemuin truk-truk pengangkut batu.
 
Truk-truk menghadang
Jalanan mulai ngeri broh, apalagi truk-truk itu jalurnya seenak jidat, mungkin karena muatannya berat ditambah jalanannya yang juga gak mulus jadi dia milih-milih jalan yang enak dilewatin jadi kadang dia di kiri, kadang dia di kanan, dan kita juga ngehindarin mereka dengan pindah jalur kiri-kanan sambil goyang dumang, abis jalannya ampun deh...
 
Pindah jalur, lawannya berat cuy
Di kejauhan kita berdua liat ada tebing yang tinggi, dan spontan nunjuk, “ituhhh…ituuuuhhh” kegirangan banget kayak anak kecil yang nemuin layangan putus, padahal setelah semakin mendekat kita malah semakin bingung masuk ke Brown Canyon tu lewat mana hkhkhk.
 
Brown Canyon
Setelah nemu jalan kecil kita pun masuk ke area pertambangan batu, dan mobil kita sempet selip di ke dalem kubangan, untung Tiktok mantan supir pick up jadi berhasil keluar *dijambakTiktok. Kemudian kita pun parkir dan mulai menjelajah Brown Canyon.
Oiya Brown Canyon ini dulunya adalah sebuah perbukitan yang kemudian tanahnya dikeruk dan juga diambilin batu dan pasirnya. Entah siapa yang memulai kawasan ini jadi tempat foto-foto para IGers, bahkan ada yang sengaja pre-wedd disini. Ga kebayang juga tuh yang prewedd disini secara tempat ini puanasnya poolll, gw yang cuman jalan bentaran doang aja dah belang dong. Kalo Tiktok sih katanya dah mentok skin tonenya segitu dan ga bisa iteman lagi.Karena kita berdua juga gamau kalah alay hits, kita pun mulai naikin tebing dan poto-poto. Eh…disini ada danau atau genangan aer atau entah apa itu yang cakep banget. Bentuknya kayak danau Kelimutu gitu, semoga kapan-kapan gw bisa kesana *amin.
 
Danau Kelimutu Ala-Ala
 
Dan gak salah emang tempat ini dijadiin objek buat orang-orang yang hunting foto, karena pemandangannya narsisable bingit.
 
Semoga nanti bias foto di Danau Kelimutu beneran. Amin

Foto Ala-Ala
Setelah puas poto-poto di tebing, kita memutuskan untuk menjelajah Brown Canyon dari sisi yang berbeda, tapi karena panasnya Brown Canyon bikin dehidrasi, Tiktok ngambilin minum dulu buat kita dan bodohnya dia karena lupa naro kunci mobil DI PINTUNYA. Untung ada satu mobil yang parkir deket kita dan drivernya ngamanin tu kunci. Sumpah ya Tiktok teledornya keterlaluan, @*%$!!?#!!
Jalan sedikt dari tebing yang sebelumnya, kita nemuin sebuah spot yang unik. Ada satu dinding berongga yang kayaknya alami terbentuk seperti itu, kayaknya lho…jangan percaya ama gw percayalah apa yang dikatakan Rudi *ngikk *garing. Karena kawasan deket dinding berongga itu adem, gw pun secara naluriah dan bathiniah ndeprok disitu buat ngaso sambil ngipas-ngipasin body pake topi dimana media untuk ngipasin body tidak sebanding dengan luas bidang bodynya hehe *sadarbody.
Manusia Gua

Eksis itu wajib hukumnya
Setelah ngaso, minum-minum *minumairmineral dan poto-poto lagi kita kemudian bosen dan mencoba menjelajahi Brown Canyon lagi, namun ternyata makin kesana jalannya malah buntu, tapi kita liat dikejauhan banyak motor parkir dan ada warung tenda gitu kemudian kita memutuskan untuk kesana naik mobil.  
 
 
Sayang disayang, jalan ke tempat yang kita maksud kayaknya emang ga bisa dilalui buat mobil yang kita naikin, klo truk n motor kayaknya masih bisa lewat. Karena kita dah nyerah ama jalanan yang ga bisa dilalui kendaraan kita dan juga nyerah ama panasnya Brown Canyon yang bedebah banget, kita pun melanjutkan perjalanan ke lokasi kedua.

Tiktok    : “Kemana nih Fa?”

Me         : “Terserah…mau ke Sam Poo Kong atau ke Goa Kreo?”

 

(Bersambung ke Explore Semarang Part 2)

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. gw gak tau kenapa gw dipanggil tiktok ama doi... (apa karena muka gw yang absurd gitu yah mirip jam tempo baheula yang hanya nyala kalo diputer) perjalanan ke brown canyon kita mulai agak siang (iya ini gara2 lo fa yang sempet2 nya kayang dulu) yg gw bingung adalah sempet2 nya doi nanya ke gw tok benerkan yah jalan nya kesini( lah mana gw tau pan gw baru kesemarang pagi ini) walopun mobil sempet selip untung gw punya mbah dukun yg selalu berdoa ( iya lo fa mbah dukun nya), sempet berebut minuman ( panas nya gila), sempet ketinggalan kunci, badan gw jadi belang( kalo ada yang bilang badan gw dah gak bisa item lagi itu dustaaaaaaa) brown canyon worthed to be visit

    BalasHapus