Senin, 09 Februari 2015

Explore Semarang Part 3 : Klenteng Sam Poo Kong


Lanjut ke destinasi selanjutnya. Sehabis dari Goa Kreo kita melaju ke Sam Poo Kong. Emang dasar pelupa, kita berdua kebingungan lagi nyari jalannya. Untung pas di lampu merah pertigaan Tiktok nanya sama mas-mas pengendara sepeda motor jadi kita dapet pencerahan.
Klenteng Sam Poo Kong
Sam Poo Kong adalah sebuah Klenteng yang terletak di daerah Simongan Kota Semarang, tempat ini konon merupakan persinggahan petama seorang Laksamana Tiongkok beragama islam yang bernama Laksamana Zheng He. Tiket masuk ke Sam Poo Kong seharga 10ribu rupiah. Tapi di dalemnya ada satu buah lagi gerbang menuju pelaminan, eh…menuju kuilnya *gagalfokus. Karena gw penapsaran, gw ngajakin Tiktok masuk ke dalem. Kata bapak penjanganya, kalo dah masuk ga boleh keluar lagi yah *gimanasich. Ya gitu deh pokoknya, ngerti kan. Harga tiket untuk masuk ke dalam kompleks kuil sebesar duapuluh ribu rupiah.

Tiket masuk kuil

Pas masuk ke dalam, ternyata lokasi ini memang buat beribadah. Dan semua kuilnya ga boleh dimasukin kalo kita ga ibadah…yah, ga bisa kepo deh.

Hanya untuk beribadah

Jangan sedih…di bagian belakang kuil-kuil ini ada sebuah relief gede yang keren banget. Disana ada juga cerita sejarah perjalanan Laksamana Zheng He. Ceritanya dibuat dalam tiga bahasa, Mandarin, Indonesia dan Inggris. Tapi sayang, beberapa cerita ada yang bolong dan gak lengkap. Entah kenapa. Mungkin biar kita penasaran. Kalo disini boleh foto-foto tapi inget ya, kan ini tempat ibadah jadi harus liat-liat dulu. Kalo ada yang lagi ibadah kita harus ngehormatin mereka juga.
Relief sejarah

Cerita perjalanan Laksamana Zheng He

Cerita dibuat dalam 3 versi bahasa, Inggris, Mandarin dan INdonesia

Setelah muter-muter di lokasi relief, kita lanjut jalan ke bagian belakang kuil. Disini ada bapak-bapak berpeci nungguin sebuah tempat bernama Kyai Jangkar. Karena kita dibolehin masuk, kita berdua masuk ke dalam. DI dalam ada sebuah altar, katanya disitu banyak roh-roh yang berkumpul -______-. Horror men. Terus ada jangkar, yang katanya lagi itu jangkar bener-bener jangkarnya dari kapal yang dinaikin Laksamana Zheng He. Kalo dilihat dari lukisannya, wilayah yang sekarang jadi kuil Sam Poo Kong itu dulunya laut. Karena satu dan lain hal, laut ini kini jadi daratan. Tiktok sih ga betah lama-lama disini, “musyrik, Fa…” gitu katanya karena liat ada kemenyan n kembang-kembangan segala. Dan Bapak yang berpeci itu nawarin buat bantuin sesuatu, ya intinya disana dijadiin tempat buat orang-orang yang ada maksud gitu. Tengs deh pak, bhay.

Selesai dari lokasi kuil kita mulai menjelajah kawasan luar kuil Sam Poo Kong. Hari itu lumayan rame juga Sam Poo Kongnya jadi dimana-mana orang sibuk foto-foto termasuk kita, huehue. Dan tiktok tuh apal banget lho sama nama-nama dewa, segala Nacha lah, hakim Roda Mas lah, bahkan dia sampe hafal kalo dewa ini tuh suaminya dewi yang itu terus rajanya yang ono. Kamu masih satu keturunan ama kera sakti yah Tok? Gw takjub banget dong ama pengetahuan dewa-dewaan si Tiktok ini.
Narsis dulu

Patung Laksamana Zheng He segede alaihim

Patung dewa-dewa, for further information call Tiktok
Akhirnya kita menemukan satu lokasi ibadah yang boleh dimasukkin, yeayy! Sebelum ninggalin Sam Poo Kong kita shalat dulu disini. Dan skrg giliran gw yang ceroboh karena ninggalin jam tangan di Mushola. Untung ingetnya pas masih deket banget n masih rezeki gw tuh jam tangan, jangan ketinggalan lagi yaa *kecupjam. Sebelum melanjutkan petualangan, gw minta dianterin balik kosan dulu coz aroma body gw dah ga keruan setelah keringetan di Brown Canyon kemudian keujanan di Goa Kreo lanjut lagi kena asep hio di Sam Poo Kong dan Tiktok dengan baikhatinya nganterin gw ke kosan, terus dia ngerasa ga adil gtu karena gw udah wangi n bersih sementara dia semakin gembel. Udah sih tok, cuek aja.
Akhirnya menemukan tempat ibadah yang boleh dimasuki,hehe
 Gw udah cakep dan Tiktok masih gembel, kemudian kita lanjut jalan ke Simpang Lima. Buat orang Semarang sebenernya Simpang Lima bukan tempat yang hitz coz gw aja nanya sama orang Semarang asli,”pernah sepedaan di Simpang Lima gak?” dan rata-rata mereka jawab ga pernah. Simpang Lima ini sesuai dengan namanya, merupakan sebuah bundaran dengan lima persimpangan jalan, yaiyalah masa namanya Simpang Lima terus jalannya bercabang tiga kayak hati kamu *eh. Di Simpang Lima ini ada sebuah kawasan wisata kuliner sepanjang bunderan, banyak banget pilihan makanan disini. Baik yang khas semarang maupun masakan-masakan lainnya. Kita memutuskan buat mainan sepeda dulu di Simpang Lima biar capek dulu gitu. Di sekitaran alun-alun Simpang Lima banyak penyewa sepeda dengan lampu ala-ala lampu DWP *elah, saking eye catchingnya gw sampe pusing liatin lampunya…ndeso deh.
Night cycling @Simpang Lima

Indah dilihat namun tidak indah dinaiki
Sepedanya ada yang sendiri buat yang jomblo, tapi ada juga yang tandem bisa sampe tiga orang gitu buat yang selingkuh. Gw ama Tiktok milih yang tandem berdua aja karena kita jomblo double T_T. Selain sepeda ada juga becak yang dihias lampu bahkan dikasi music tapi Tiki gamau sewa yang itu, enak di elu ga enak di gw katanya. Okelah biar impas naik yang tandem berdua aja, dan sepeda cantik ini hanya indah dipandang tapi ga indah dinaiki karena sadelnya keras banget, ga ada shockbreaker, belom lagi jalanan gak rata. Alhasil pantat kita tersiksa. Yang tadinya sewa sepeda ini untuk durasi 30 menit, jadinya cuman dua puteran aja. Oiya harga sewa sepeda ini 25ribu rupiah yang tandem berdua, kalo yang lain gatau tapi ga akan sampe bikin bangkrut juga nyewanya. Yah lumayanlah buat pengalaman ngerasain kolip dan salting benerinnya. Selain ada sepeda, di Simpang Lima ini juga ada sewaan mobil-mobilan buat anak-anak, otopet, sepatu roda, ada yang jualan sampe ada setan-setanan. Semua ada. Kecuali masa depanmu. Yes keleus kalian mau nemuin masa depan di simpang lima.

Setelah sepedaan kita pun mulai keliling area wisata kuliner Simpang Lima. Gw sendiri ga hafal sih mana stand makanan yang enak n gak enak. Yang pasti semua sama murahnya. Karena gw ga laper-laper amat, jadinya gw pesen pecel tanpa nasi dengan lauk tahu bacem n telor bacem juga. Harganya 18ribu rupiah, lumayan lah ya. Buat dessertnya gw pesen pancake ice cream, 8ribu sajah dan enak sedangkan Tiktok lagi sok imut, dia gak pesen makan, cuman pesen juice sirsak n roti bakar. Katanya sih roti bakarnya biasa, lebih nampol roti bakar Mad Tari di Bandung. Yaudah balik ke Bandung sanah. KZL

Pecel, dulu...sekarang mantan *krikk

Penkek endeus

Roti bakar dan juice sirsak
Perut kenyang, badan juga dah capek. Kita pun kembali ke tempat masing-masing untuk beristirahat kemudian melanjutkan petualangan berikutnya esok hari.

(bersambung ke Explore Semarang Part 4)

1 komentar:

  1. Gw sempet mikir....pecel.... sekarang mantan???( oh ternyata maksudnya pacar... kebanyakan nonton ini t*lk show nih) tapi lumayan lah kita kakampringan disimpang lima , kalo di bandung ada yg begitu pun gw pasti ogah naik... berhubung di kota orang lain cuek aja deh... gak bakalan ada yang kenal ini.. yang gw heran nih cewe kok kuat banget yah ama bau badan gw yang udah bercampur bau hio, keringet ama ujan ( udah biasa kali yah doi..)

    BalasHapus