Selasa, 10 Februari 2015

Explore Semarang Part 5 : Uji Adrenalin di Umbul Sidomukti

Sebenernya deket Candi Gedong Songo ada banyak kawasan wisata lainnya, ada Susan Spa, ada Umbul Sidomukti, ada tempat pemancingan juga. Terus gw ngusulin supaya kita dari Candi Gedong Songo lanjut ke Susan Spa, tapi Tiktok langsung ngebayangin kasian mbak-mbak spanya kalo nyepa-in dia. Ga spa juga keleus Tok, main-main dong aja gitu. Karena gw juga liat foto-foto yang di Susan Spa ini cucok-cucok. Tapi karena kita mau mainan yang lakik, kita memutuskan main ke Umbul Sidomukti. Terus Tiki nanya, “Umbul Sidomukti ini apanya Sidomuncul Fa?” ya meneketehe. Gw sendiri belum pernah kemari, tapi cuman liat di gugel sih kayaknya asik ya. Semoga.

Jalan ke Umbul Sidomukti ini mirip kayak jalan Cihideung di Bandung, kiri kanan kebun bunga dan sayuran. Jalannya juga kecil n sempit. Kamipun sampai di lokasi dan masuk. Harga tiketnya masuknya lagi-lagi 10ribu rupiah. Tapi harga tiket ini belum termasuk tiket wahana-wahananya. Disini banyak wahana outbond. Terus kita milih-milih mau naek apa aja. Sebenernya sih pengen cobak semua. Tapi dengkul masih lemes gegara main ke Gedong Songo sebelumnya. Jadi kita pilih mainan yang gak pake tenaga.

Wahana Outbond

Pricelistnya kakaaak

Akhirnya kita milih buat naik flying fox n ATV. Flying foxnya sendiri ada yang bolak-balik dan ada yang sekali terbang aja. Sekali aja udah ngilu liatnya, apalagi bolak-balik. Jadi kita pilih yang sekali aja. Terus kan kita belum pada pernah nyobain ATV jadinya kita milih ATV juga. Di bawah terdengar suara orang jejeritan, mereka bukan lagi disiksa, bukan abis putus cinta juga tapi lagi naikin wahana yang namanya Marine Bridge. Lebay deh.

Wahana Uji Adrenalin
Sebelum naik flying fox, kita pada shalat dulu minta doa biar selamat dan gak lupa minta jodoh *teuteuppp. Di deket mushala ada sebuah kolam atau pemandian, katanya itu pake sumber mata air alami jadi no-kaporit n seger banget keliatannya. Berhubung itu pemandian rame banget n mainstream juga, kita gak nyobain kesana. Lalu kita tunjuk-tunjukkan siapa mau duluan naik flying fox. Akhirnya Tiktok yang naik duluan, tenang aja masnya ngasih garansi kalo ini aman. Sebelum naik, kita dipasangin alat pengaman dulu.
Cieee cieee
Tiktok pun meluncur, dan kini tiba giliran gw meluncur. Buat yang ga berani, flying fox ini bisa dinaikin tandem juga. Langsung berdua gitu. Kayak sepasang kekasih yang dengan unyuknya naik flying fox ini berdua. BISA GAK SICHHH!!! Emosi kan gw liatny. Bikin ngenes. Hih. Sebelum meluncur, gw difotoin ama masnya. Dan kaki gw udah gemeter. Kemudian wuuussshh…

Dibalik senyuman ini tersimpan kepedihan...eh, ketakutan

Flying

Ngeri-ngeri asik
Dalam waktu sekitar 10 detikan gitu gw udah sampe di seberang, dan ada mas-mas yang menyambut. Maklum jones, ada mas-mas outbond yang nyambut aja dah girang banget.

Disambut oleh mas-mas outbond
Masnya nanya, “itu hapaenya yah yang geter-geter di saku. Sampe ke kaki lho”. Ya ampun itu kaki gw mas, gemeter dengan hebatnya. Malu-maluin deh.
Setelah turun dari flying fox, kita lanjut nyari tempat ATV. Dan agak susah juga nyari lokasinya karena penunjuk jalannya gak jelas. Sampe nyasar-nyasar. Muter sana-sini. Dan kita pun menemukan sebuah pos dibalik semak-semak.

Tersesat di semak-semak

Pos ATV
Wahana ini agak sepi, mungkin karena lumayan mahal juga. Seharga 30 ribu untuk dua lap. Sesudah naik kita dikasih arahan sama mas-mas penjaganya. Jadi ATV ini cuman ada gas ama rem. Cincaylah. Dan gara-gara kesombongan gw itu, baru satu meter jalan gw dah nyangkut di turunan yang berbelok. Mampus deh, bingung gimana keluarnya. Akhirnya masnya yang jaga iba dan bantuin narik ATV yang gue naikin. ATV ini letak knalpotnya atau mesinnya gitu deket kaki. Dan kaki gw kena…nyosss, wassalam deh nambah satu koleksi bekas luka. Setelah jalan satu puteran, kini gw dah mahir banget nyetirin ATV. Seandainya ATV ini bisa dipake buat ke kantor atau ke mall gitu asik kayaknya *iyain aja. Di tengah jalan sekarang giliran Tiktok yang nyangkut di tikungan, sampe lama banget.

Dua lap pun habis sudah dan ketika kita turun, kita kotor sekaliii…penuh lumpur dan noda. Tapi tenang aja, di pos disediain pancuran buat bersih-bersih. Pancuran ini bisa buat membersihikan lumpur-lumpur yang melekat di badan, dan juga bisa bikin awet muda *ngasal tapi gak bisa membersihkan dosa-dosa ya, itu sih harus tobat.
Berani kotor itu baik

Coba focus ke kakinya

Akuh kotooorrr
Setelah bersih-bersih, kita memutuskan untuk kembali ke Semarang. Sebenernya masih penasaran pengen ke Lawang Sewu malem-malem. Tapi sebelum ke Lawang Sewu, Tiktok hunting oleh-oleh pesenan Ibunya dan temen-temennya dulu.

Oleh-oleh khas Semarang yang terkenal adalah Lumpia dan Bandeng Presto. Ada juga Tahu Bakso dan cemilan-cemilan lainnya. Cemilan ini sebenenrnya bukan khas Semarang juga sih, ada bakpia, enting-enting, wingko, getuk dan sebagainya, banyak juga kan di daerah lainnya. Buat beberapa orang, lumpia itu gak disukai karena bau rebungnya yang khas, agak-agak mirip bau pesing gitu. Tapi kalo aku sih suka-suka aja, emang khasnya begitu dan di Semarang ini buanyakkk banget yang jualan lumpia dan semuanya mengklaim kalo mereka adalah penerus leluhur pembuat lumpia generasi pertama. Tiktok sendiri memilih lumpia Mbak Lien sebagai oleh-olehnya.

Letak toko Lumpia Mbak Lien ini di Jalan Pemuda, ga susah koq nyarinya coz ada di pinggir jalan n ada foto Mbak Lien nya yang narsis dipajang. Harga lumpianya sendiri sekitar 12ribuan per bijinya. Tapi geday banget. Waktu beli Lumpia ada Bapak-Bapak nanya, “abis jatoh dari motor ya?”, karena liat celana yang penuh lumpur, masih untung disangkain abis jatoh gak disangkain Swamp Thing. Karena pertanyaan Bapak tadi, gw memutuskan untuk ganti baju dulu, sekalian shalat di Mesjid.

Selesai ganti baju dan shalat, kita lanjut cari bandeng presto. Bandeng presto ini banyak dijual di jalan Pandanaran. Gw sendiri nyaranin Tiktok ke Bandeng Juwana, karena konon katanya Bandeng Juwana itu paling endeus. Sambil Tiktok milihin bandeng, gw jg gak kalah sibuknya nyicipin tester ampe kenyang *anakkosbanget karena di toko bandeng ini juga banyak dijual cemilan dan kue-kuean dan semuanya ada testernya, hehehe.

Sesuai rencana kita sebelumnya, kita melanjutkan perjalanan ke Lawang Sewu. Tiket masuk ke Lawang Sewu ini berapa? Dah pada tau kan, yupp 10 ribu. Tapi waktu kita dateng kesana dah jam 06.00 sore, terus katanya kalo jam 05.00 ke atas harus pake guide. Yah…gak seru. Padahal kan tadinya kita mau uji nyali. Karena kita males pake guide, dan gw sendiri jg udah pernah masuk kesana, jadi ga surprise juga kalo masuk akhirnya kita memutuskan mengcancel aja jelajah Lawang Sewunya. Kapan-kapan kalo kamu kesini lagi aku yang guide-in ke Lawang Sewunya ya Tok.
Berakhirlah sudah petualangan Tiktok dan gw di Semarang. Sebenernya masih banyak tempat wisata yang gak kesampean dikunjungi, kayak pas di jalan pulang dari Bandungan, kita liat ada penunjuk jalan ke arah Curug Lawe, kayaknya seru kan tapi waktu ga cukup. Terus kita juga belum datengin Mesjid Agung Jawa Tengah, padahal penasaran juga. Belum ke Lawang Sewu, ke kota lama, ke museum-museum. Ahh…Semarang masih banyak wishlist yang belum ke checklist.

Akhir kata, gw banyak berterimakasih sama Tiki yang udah mempercayakan gw sebagai guide jalan-jalannya padahal gw juga ga hafal jalan dan sering nyasar. Makasih dah ngajakin gw keluar kandang dan menjadikan week end gw istimewa. Maap-maap kalo selama bercelana berkelana ada kata-kata atau kelakuan gw yang salah. See you, Tok…