Rabu, 18 Maret 2015

Ke Merbabu Aku Kan Kembali (Gunung Merbabu 3142 MDPL)

Sudah hampir 4 bulan gw di Semarang. Mengingat pekerjaan gw mengharuskan gw berkelana di Jawa Tengah bahkan hingga ke provinsi sebelah, selama perjalanan background yang menghiasi adalah pemandangan Gunung Merbabu. Siapa sangka gw pada suatu hari yang mendung unyu-unyu bisa berdiri di puncak tertingginya.

Merbabu yang merayu
Jadi, pada hari Sabtu tanggal 28 Februari 2015 seperti biasa kita berkumpul di Basecamp sebelum akhirnya berangkat menuju Basecamp Wekas, seperti biasa tunggu-tungguan, ngaret-ngaretan hingga pada akhirnya kita baru pada berangkat jam 5 sore, dan seperti biasa juga gw dibonceng sama Mas Sandy yang sekarang udah gak ada basa-basinya lagi minta doi jemput dan bawain helm, hehehe…

Setelah keujanan di jalan, akhirnya kita sampai di basecamp Wekas dan seperti biasa lagi hal yang wajib dilakukan di basecamp adalah mamam. Padahal sebelumnya gw dah makan siang, tapi sekarang gw sudah ter-brainwash oleh Mbak Annisa dengan doktrinnya yang menyebutkan bahwa kalo kita mau muncak wajib makan nasi, W-A-J-I-B. Setelah makan, guling-guling, seperti biasanya lagi kita gak langsung naik tapi entahlah ini itu dulu sampe semuanya siap berangkat. Ketika nunggu rombongan siap berangkat, gw sempet ngobrol-ngobrol sama dua orang pendaki yang berasal dari Jakarta dan liburan kesini. Disinilah gw menceritakan betapa bahagianya gw sebagai perantau yang pernah merasakan kerasnya hidup di Jakarta kemudian pindah ke kota Semarang yang manis. Dari sorot matanya gw yakin kalo mereka pasti iri dengki banget sama gw, muhahaha *kegeeran

Setelah puas manas-manasin Mas-Mas Jakarta, kita pun memulai pendakian menuju Pos 2 dimana kita akan mendirikan tenda dan bermalam disana. Di jalan sempet terjadi sebuah tragedy yaitu salah satu anggota rombongan yang ga sanggup naik, padahal perjalanan baru sepersekiannya banget namun dia sudah menyerah dan memutuskan untuk balik lagi ke basecamp. Konon katanya dia baru pertama kali muncak dan masih shock karena ternyata muncak tu gak se-ngegemesin yang dibayangkan.

Perjalanan menuju Pos 2 adalah sebuah perjalanan mendaki tanpa bonus dipenuhi dengan adegan ngos-ngosan manja, bersandar di pohon, gelesotan di tanah, dan gak ketinggalan cela-celaan. Total perjalanan dari basecamp sampe Pos 2 ditambah dengan tragedy satu peserta yang menyerah ditambah lagi kelakuak-kelakuan tak senonoh kita di jalan semuanya memakan waktu 5 jam saja! Hahaha…keong banget ga sih. Jam 2 malam kita baru sampe Pos 2. Setelah tenda selesai dipasang, satu hal yang ingin gw lakuin hanyalah bobok di tengah udara yang dinginnya bikin gw pengen pergi ke tempat gym gw terus masuk saunanya *lah. Dalam udara dingin ini, Mbak Wikan bubuk dengan yahudnya sampe ngorok sedangkan Mbak Annisa memutuskan untuk summit mengejar sunrise dan gw sendiri memilih memeluk seorang wanita yang gak gw kenal untuk melawan hawa dingin, akuh hina, akuh ternoda *kumat

Merbabu, pagi itu.
Keesokan harinya, setelah gw beres-beres, sarapan dan melakukan ritual pagi lainnya, gw ditemenin Mas San dan Mas Son, dua orang yang selalu bersekongkol untuk menguasai sisa logistik memulai perjalanan menuju puncak Trianggulasi. Yak…ga tanggung-tanggung, gw bertekad sampai ke Puncak Trianggulasi. Gunung Merbabu memiliki 3 puncak yaitu Puncak Syarif, Puncak Kenteng Songo dan Puncak Trianggulasi *CMIIW. Berhubung pas gw kesana cuaca lagi mendung, gw cuman sampe di Puncak Kenteng Songo dan Puncak Trianggulasi. Selain itu, Puncak Kenteng Songo dan Puncak Trianggulasi itu searah, sedangkan Puncak Syarif berlawanan arah. Beberapa orang ada yang cukup puas sampe Puncak Kenteng Songo, tapi buat anak se-hiper aktif gw, sayang banget kalo cuman nyampe Kenteng Songo karena menuju Puncak Trianggulasi itu ga jauh-jauh amat koq tapi ya bikin dengkul lemes juga.

Banyak hal menarik yang gw temui sepanjang perjalanan menuju puncak. Yang pertama yaitu adanya pipa saluran air yang terpasang sepanjang jalan. Kalo dipikir-pikir keren banget ya orang-orang yang sudah membuat jalur pengairan dari Gunung Merbabu ini, kalo kata anak gawl sih They are kewl! Hal menarik yang lainnya adalah ketemu burung jalak di jalan yang loncat-loncat di jalan seolah burung itu mau ngasih tau kita jalan yang benar, hihihi… tau aja tu burung kalo dua cowok yang pergi bareng gw merupakan pengikut aliran sesat. Di sepanjang jalan ini juga gw sempet mencicipi buah beri liar yang rasanya manis semanis senyumku, mudah-mudahan buah berinya gak beracun dan membuat kita berhalusinasi untuk saling membunuh ya *korban happy tree friends

Wild berry
Dari Pos Watu Tulis menuju puncak, tracknya sudah terbuka. Bukan lagi hutan lebat seperti sebelumnya. Cuaca yang mendung jadi salah satu keuntungan karena jadinya kita ga geseng-geseng amat panas-panasan. Track menuju puncak sendiri mengingatkan gw pada Gunung Tangkuban Perahu karena tumbuhannya mirip-mirip dan terdapat sumber belerang juga. Di jalan, kita melewati Jembatan Setan. Entah kenapa disebut Jembatan Setan, mungkin ada kisa-kisah spooky dibaliknya :S

Pos Watu Tulis

Jembatan Setan
Kita juga sempet melewati jalur Ondo Rante yang bikin kita bisa foto ala-ala climbing gitu, tapi sayang…again, cuacanya jelek dan bikin fotonya ga secucok kalo lagi cerah.

Masan foto climbing ala2 *failed
Pendakian ini adalah pendakian dengan koleksi foto paling sedikit, banyak factor yang mempengaruhinya salah satunya yaitu berangkat kesiangan, nyampe Pos Watu Tulis kita lihat awan mendung sudah menutupi langit jadi kita harus buru-buru sampe puncak. Pas nyampe puncak pun kita ga bisa lama-lama narsis-narsisan coz hujan mulai turun rintik-rintik. Walaupun pas nyampe puncak, kita ga dapet view yang cantik, ga bisa liat Merapi karena tertutup kabut tebal, ga bisa foto guling-guling di sabana karena harus buru-buru turun, tapi gw tetep bahagia akhirnya bisa sampe karena ini adalah puncak gunung tigaribuan pertama yang berhasil gw daki, yippie! Kata Mas San, kalo kuat sampe sini artinya gw dah lulus ujian supaya bisa ikut ke Puncak Mahameru. Amin.

My first 3K!

Headstand ala Mason

Gagal headstand
Perjalanan turun menjadi perjalanan pertama gw ujan-ujanan di gunung. Kalo diinget-inget gimana perjalanan naiknya hingga ke puncak, turun gunung kali ini bikin gw berdoa supaya tiba-tiba ada escalator atau semacam lift turun atau apapun itu yang mengantarkan kita sampe ke basecamp Wekas tanpa harus kepeleset-peleset di jalan sambil menggigil kedinginan, huhuhu. Dengan menggunakan sisa tenaga, akhirnya kita semua berhasil turun dan sampai di rumah masing-masing dengan selamat.
Sabana di Merbabu
Perjalanan naik turun Merbabu yang bikin kaki berasa mau copot ga bikin gw kapok. Karena gw ga dapet foto mainstream Puncak Merbabu yang backgroundnya Merapi dan ngiler liat sabananya yang narsisable sekali, gw berikrar…suatu saat gw akan kembali kesini…via Selo *seret-seret Mas San dan Mas Son :D